Prepare Buat PKL

Tak terasa tinggal menghitung hari, saya dan teman-teman mengikuti PKL gelombang satu. Segala hal harus sudah dipersiapkan sedini mungkin. Dari mulai penampilan ujung kaki sampe ujung kepala, se detail mungin. karena kita membawa nama instansi saat PKL nanti.

Saya diberi waktu tiga hari untuk mendapat pembekalan dari sekolah. Apa-apa yang akan kita kerjakan nanti selama tiga bulan saat PKL. Diantaranya:

1. Jurnal
Setiap pekerjaan yang saya kerjakan harus ditulis di jurnal, dan harus sesuai dengan KITAB kompetensi keahlian. Apapun pekerjaan nya. Tapi apabila sewaktu-waktu saya mendapatkan pekerjaan yang tidak ada dalam KITAB kompetensi, itu harus bagaimana pintar-pintar nya saja. Saya harus 'menyeret' pekerjaan tersebut supaya ada dalam KITAB. Misal, analoginya misal saya disuruh beli gorengan... WTF ini gak ada di dalam KITAB kompetensi, terus bagaimana? saya akan beli gorengan via online karena teknologi informasi sekarang makin canggih, haha. Terus lihat dalam KITAB kompetensi, wah ada nih kompetensi nya. Tinggal kita matching-in aja. Itu hanya sebatas analogi saja ya. hihi

2. Hal yang sering terjadi saat PKL
Ini juga penting untuk saya ketahui, apa-apa saja yang akan saya kerjakan disana. Pasti gak jauh jauh amat dengan namanya komputer. Misal, saya PKL di sekertariat daerah... ya mungkin kerjaannya menginput data.
Tapi itu juga tergantung instansi/perusahaan dimana kita PKL juga sih.

3. Google
Ini senjata terpenting, segala sesuatu menurut saya ada di Google. Zaman udah canggih men, hihi.
Nanti misal saya Input data di Excel, tapi kaga tau rumus nya. Masa saya harus beli dulu buku "Kumpulan Rumus Excel" ya gak mungkin. Bisa sih bisa, tapi waste my time men!!! saya lebih suka yang praktis dan instant. Kaya Mie Indomie (Bukan Promosi :p)

Reserved for Update.... stay tune on my blog men! karena tiga bulan kedepan saya pasti sering-sering ngeblog. hihi
salam damai :)

0 komentar