Membuat Aplikasi Sistem Rupabumi Desa: Riset

Halo selamat pagi, ya kebetulan saya membuat postingan ini pada pukul 7.30 AM matahari sudah luamayan tinggi. Dan kebetulan juga saya sudah berada di kantor, karena sedang melaksanakan PKL alias Praktek Kerja Lapangan.

PKL ini dilakasanakan selama 3 bulan, dan hari ini sudah menginjak bulan ke-2 berarti tinggal 1 bulan lagi. Sisa bulan terakhir ini saya laksanakan dengan mengerjakan Aplikasi Sistem Rupabumi Desa yang ditugaskan keada saya, heran memang. Karena apabila merujuk pada jurusan, saya ini TKJ bukan RPL. Tapi saya cocokan dengan jurusan saya yaitu dengan memilih bahasa Pemrograman PHP untuk Aplikasi yang akan saya buat nantinya.

Pertama yang saya lakukan adalah riset, mendesain UI dan UX aplikasi ini. Hal yang tersulit adalah merancang UX atau User eXperince aplikasi. Saya harus mencari di Google dan Buku untuk bagaimana hal yang harus saya lakukan. Sedangkan untuk UI atau User Interface saya memilih menggunakan Framework CSS Bootstrap, disamping mudah saya juga sudah familiar dengan Framework tersebut. Jadi untuk masalah UI tidak ada hambatan yang berarti

Nah, untuk UX saya ada beberapa pilihan yaitu, menggunakan Framework atau PHP Native, dengan teknik OOP atau PDO, Sedangkan Framework saya pilih Laravel untuk dipelajari.

Deadline untuk membuat aplikasi Sistem Rupabumi desa ini adalah 1 Bulan lamayanya, mudah mudahan beres..

Sebenernya, saat postingan ini dimuat saya sudah menyelesaikan aplikasi pada versi Alpha 0.5. Namun hanya mempunyai fitur Tambah data dan View saja...
Setelah postingan saya akan memuat tentang Aplikasi versi Alpha 0.5

Nantikan, stay tune.. hehe
Salam Damai :)

0 komentar