Orang yang nyontek pada saat ujian memang sampah, tapi orang yang pelit ngasih contekan itu lebih dari sampah




Orang yang mencontek itu sampah, tapi orang yang menyia-nyiakan teman nya itu lebih sampah...

Tentang mencontek, kalo say sih bodo amat... toh saya juga pernah (baca:sering) mencontek wkwkw...
Tapi, ini bagai dua sisi mata uang, pada dasarnya kita itu ingin menolong teman... tapi di sisi lain, kita juga menjerumuskan dia. Tapi, saya tidak tahu... kalau dia masih mikir, mungkin masih selamat.
Disini, saya tidak ingin membela pihak manapun, yang suka mencontek atau suka mencontekan.
Saya akan ambil sisi tengah nya, biar kalian sendiri yang menilai.

Orang menontek biasanya orang yang putus asa, atau tidak percaya diri. Kadang saya juga kesel sama orang yang minta contekan, dalam hati kecil saya “ngapain aja kamu ber tahun tahun sekolah, tapi pada akhirnya ga mikir, ga kasihan apa sama orang tua”
Dalam hati saya sebenernya menolak, kalo ada yang minta contekan... tapi saya berkaca pada diri saya sendiri, toh saya juga pernah (baca: sering) nyontek

Terus, saya suka heran sama orang yang mencontekan hasil kerjanya ke orang lain... Awal nya sih tanpa embel-embel apapun. Tapi ketika itu semua berakhir, dia suka maksa minta “terima kasih”
Lhoo.. koq ga ridho sih, awal nya aja manis-manisin namun pada akhirnya nodong temannya sendiri. Ya, kalo ga ridho mending jangan di contekin lah...

Akhirnya saya juga suka kasihan sama diri sendiri, ngapain saya nyontek. Ini berarti saya ga menghargai jeri payah orang tua saya, guru saya, buat apa saya belajar... Awal nya sih enak dapet nilai 100 bangga... Tapi, yah akhir-akhir ini kerasanya. Tiap belajar, mental terus.. susah banget, jadi kecanduan nyontek

Satu lagi kata-kata yang suka mengganjal di hati saya adalah “Orang yang nyontek pada saat ujian memang sampah, tapi orang yang pelit ngasih contekan itu lebih dari sampah” bitch please...
kita jangan sering menggantukan sesuatu pada seseorang, people change.. Mungkin sekarang baik, siapa tahu besok bisa jahat?
Itu kata-kata menunjukan, kita menggantukan ke seseorang pada saat ujian... apa aja usaha kamu untuk ber terima kasih ke orang tua? Nyontek? Ga dapet contekan malah marah-marah..
Hargai pendirian temanmu yang “pelit” mungkin dari lubuk hati paling dalam, dia ingin mensadarkanmu dari tidur panjang...
yang sampah itu teman ngasih contekan yang salah... udah tahu jawaban nya A tapi kasih ke temen jadi B wkwkwk

sekian terima kasih, mohon maaf apabila ada salah kata...

1 komentar