Aplikasi Yang Ada di Pemerintahan

Kali ini saya akan menceritakan aplikasi-aplikasi apa saja yang di gunakan untuk membantu para pegawai di instansi pemerintahan...
Karena saya PKL di Bagian Perlengkapan dan Keuangan jadi hanya ada dua Aplikasi, yaitu:

SIMDA (Sistem Informasi Manajemen Daerah)

Sejalan dengan RPJM Tahun 2010-2014, dalam Renstra Tahun 2010-2014,Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah telah menetapkan Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Daerah sebagai kegiatan untuk mendukung capaian indikator kinerja” Meningkatnya Tingkat Opini BPK terhadap LKPD”.

Untuk mendukung tujuan tersebut, sejak tahun 2003, Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah membentuk Satuan Tugas Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Daerah  (SIMDA), dengan tugas:
1.  Mengembangkan/membuat dan melakukan pemutakhiran  Program Aplikasi Komputer SIMDA yang berkaitan dengan pembangunan / peningkatan kapasitas pemerintah daerah yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau dalam rangka pemenuhan kebutuhan manajemen daerah, mengarah ke grand design Data Base Management System (DBMS).
2. Memberikan bimbingan teknik / pelatihan kepada Satgas SIMDA Perwakilan BPKP yang akan ditugaskan dalam asistensi/implementasi Program Aplikasi Komputer SIMDA.
3. Membantu Satgas SIMDA Perwakilan BPKP melakukan asistensi implementasi Program Aplikasi Komputer SIMDA pada pemerintah daerah.

Tujuan pengembangan Program Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah ini adalah:
  • Menyediakan Data base mengenai kondisi di daerah yang terpadu baik dari aspek keuangan, aset daerah, kepegawaian/aparatur daerah maupun pelayanan publik yang dapat digunakan untuk penilaian kinerja instansi pemerintah daerah.
  • Menghasilkan informasi yang komprehensif, tepat dan akurat kepada manajemen pemerintah daerah. Informasi ini dapat digunakan sebagai bahan untuk mengambil keputusan.
  • Mempersiapkan aparat daerah untuk mencapai tingkat penguasaan dan pendayagunaan teknologi informasi yang lebih baik.
  • Memperkuat basis pemerintah daerah dalam melaksanakan otonomi daerah.

SIMKEU (Sistem Manajemen Keuangan)

Sayangnya saya gak nemu secara persis penjelasan tentang Aplikasi SIMKEU ini, jadi saya jelaskan saya menurut penjelasan sendiri yang mudah dipahami mungkin, hehe

SIMKEu ini sama seperti simda, namun khusus untuk keuangan. Jika kamu nanti di bagian Keuangan di Pemerintahan. Pasti kerjaan nya Input Data terus pake aplikasi ini.hehe

Kekurangan pada kedua aplikasi di atas menurut saya adalah, pada USER INTERFACE nya yang masih jadul. Jadu gak enak di pandang pada zaman UI yang keren-keren pada saat ini

0 komentar